Kelebihan dan Kekurangan Kain Printing Katun Combed

Table of Contents Kelebihan dan Kekurangan Kain Printing KatunJenis Katun Combed Salah satu yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kain printing adalah kain katun. Kendati banyak yang mengatakan bahwa jenis kain katun merupakan …

Screenshot 271

Salah satu yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kain printing adalah kain katun. Kendati banyak yang mengatakan bahwa jenis kain katun merupakan yang terbaik untuk dijadikan produk busana bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Oleh karenanya sebagai desainer pola, kamu wajib mengetahuinya.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Printing Katun

Kelebihan dan kekurangan kain printing katun tentu saja bergantung pada jenis benang serta cara pembuatannya. Pasalnya, karena kemajuan teknologi maka terciptalah variasi jenis katun memiliki ketebalan serta spesifikasi berbeda. Hal inilah yang menyebabkan  kain katun memiliki variasi sehingga karakternya tidak sama.

Jenis Katun Combed

Salah satu jenis-jenis kain printing yang umum digunakan sebagai salah satu produk distro adalah katun combed. Pasalnya kain ini cukup tebal dan kuat sehingga mampu melindungi pemakainya ketika beraktivitas. Bahan lainnya adalah sifatnya dapat menyerap keringat dengan baik sehingga terasa sejuk.

Ukuran kain yang biasa digunakan yaitu mulai dari 20s, 24s sampai 30s. Angka tersebut menunjukkan ukuran serat benang yang digunakan pada saat proses produksinya. Semakin tinggi angka tersebut maka artinya semakin tipis pula benang yang digunakan. Serta menjadi indikator tentang kelenturan kain.

Kendati demikian kain katun combed memiliki banyak kelebihan sehingga dijadikan prioritas ketika akan membuat produk kaos distro yang unik dan menarik. Sama ketika menggunakan teknik cetak kain.

  • Kain jenis ini mampu menyerap keringat dengan baik sehingga pemakainya tidak akan terlihat basah
  • Mampu memberikan kesejukan pada saat cuaca panas sehingga terasa lebih adem
  • Namun sebaliknya pada saat cuaca dingin jenis kain ini mampu memberikan perlindungan berupa rasa hangat
  • Karena serat kainnya itulah maka jenis ini sangat halus serta mampu melindungi kulit dari iritasi
  • Diproduksi dengan tujuan agar warnanya tetap kuat sehingga tidak mudah luntur oleh pencucian biasa

Kendati memiliki segudang kelebihan, kain katun combed juga mempunyai kekurangan yang patut diperhatikan oleh para desainer muda. Tujuannya tentu untuk meminimalisir ketidakpuasan konsumen ketika menggunakan jenis kain ini. Karena kamu dapat menggunakan katun combed untuk  membuat busana dengan teknik cetak kain custom.

  • Ketika sering terpapar pada suhu yang cukup tinggi atau di bawah sinar matahari maka benangnya mudah menyusut sehingga ukurannya kemungkinan akan berubah
  • Permukaan kainnya mudah sekali berbulu karena serat kain yang digunakan untuk membuat combed nya kurang kuat
  • Mudah kusut sehingga tidak dapat dilipat dengan cara yang biasa
  • Untuk pakaian yang yang sering dicuci dan dijemur langsung di bawah sinar matahari maka warnanya akan memudar dengan cepat

Oleh karena itu untuk menjaga harapan customer terhadap kualitas produk desain mu maka kamu dapat memberikan berbagai macam keterangan Bagaimana cara merawat produk yang terbuat dari kain cotton combed.  Peringatan tersebut dapat ditulis pada label dengan lambang-lambang yang tepat.  Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Cucilah dengan menggunakan mesin cuci standar tanpa di bleaching
  • Gunakan air dingin untuk mencucinya
  • Jangan memeras pakaian yang terbuat dari katun kain combed
  • Gunakanlah pengering dengan suhu normal
  • Haluskan pakaian dengan cara melestarikannya pada suhu maksimal 200 derajat celcius

Oleh karena banyaknya variasi kain katun yang dapat digunakan sebagai media teknik cetak kain, maka bekerja sama dengan penyedia layanan jasa profesional. Salah satunya adalah Inoui Print. Benefit lainnya, kamu bisa dapatkan harga dan approval sample di Inoui Print yang akan sesuai dengan kebutuhan dan rancangan pola dalam berbaga jenis kain yang kamu mau.

 

Leave a Comment